Pages

Trik Membuat Si Kecil Menyukai Sayur dan Buah

BUAH hati Anda selalu menolak makan sayuran dan buah-buahan? Jangan dulu frustasi, banyak sekali cara untuk membuat buah hati Anda menikmati sayuran dan buah-buahan dari menu makannya setiap hari. Jadi jangan terburu-buru menyerah dan cobalah beberapa trik yang sangat mudah, menyenangkan dan dalam sekejap jangan heran bila buah hati Anda mulai ketagihan buah-buahan dan sayuran.
Trik-trik yang dapat Anda lakukan adalah:
1. Cobalah trik gigitan “No, thank you”.
Trik pertama ini, Anda harus merayu buah hati Anda untuk merasakan sayuran atau buah cukup satu gigitan saja.
Bila, dia tidak suka izinkan buah hati Anda untuk menolaknya dan mengatakan “No, thank you”.
Buatlah buah hati Anda merasakan semua jenis sayuran dan buah-buahan sebagai pengenalan untuknya.
2. Terus tawarkan
Jangan berhenti di usaha pertama Anda. Biasanya dia akan mulai terbiasa dengan rasa sayuran tersebut saat buah hati Anda sudah mencobanya delapan hingga 15 kali
3. Bekukan
Alih-alih Anda terus memberikan sayuran dalan keadaan dimasak, sayuran yang dibekukan akan lebih sehat dan tidak basah. Rasanya pun terasa lebih enak disbanding yang dimasak.
4. Buatkan Sup
Bila buah hati Anda lebih terbiasa menikmati sayuran dalam bentuk sup dan berkuah maka teruskanlah berikan dalam bentuk tersebut.
Beberapa anak memang lebih menikmati makanan berkuah terlebih buatan ibunya sendiri di rumah. Selain dapat menghemat pengeluaran, Anda juga bisa menjamin takaran gizi dan keamanan masakan tersbut dari bahan-bahan campuran berbahaya.
5. “Bersihkan” rumah
Bersih bukan selalu berarti tidak ada kotoran, tapi usahakan rumah Anda bersih dari makanan cepat saji atau kudapan yang tidak sehat.
Selalu sediakan sayuran dan buah-buahan segar dalam lemari pendingin Anda. Si kecil nantinya akan terbiasa dengan makanan yang sehat dan juga sayuran dan buah-buahan yang ada di rumah.
6. Jadilah teladan
Anda tidak bisa meminta si kecil terus mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang sehat sedangkan Anda asik dengan makanan yang tinggi lemak juga makanan cepat saji. Jadilah teladan bagi si kecil.
7. Jus buah dan sayur
Buatlah sayuran dan buah-buahan dalam bentuk jus. Ini merupakan cara yang sederhana dan menyehatkan.
Nutrisi yang terkandung dalam makanan tersebut akan mencukupi kebutuhan si kecil dalam masa pertumbuhan.
8. Jaga perkataan Anda!
Jangan pernah menyebut si kecil tidak suka akan sesuatu, hal ini dapat mensugesti dirinya untuk tidak menyukai hal tersbut.
Akhirnya si kecil akan menjadi anak yang pemilih dan akan terus tidak menyukai hal tersebut.
9. Buatkanlah saus
Cara penyajian seperti salad juga sangat efektif, si kecil akan dibantu dengan rasa saus tersebut. Anda bisa mencampur sayuran dengan saus salad atau buah-buahan dengan yogurt.
Jadi si kecil tidak harus merasakan langsung sayuran tersebut, tapi bisa dibantu berbagai varian yogurt atau saus salad buatan Anda.
10. Lakukan sedikit trik licik
Bila cara di atas tidak berhasil, lakukan trik pemungkas ini. Sembunyikan sayuran dan buah-buahan dalam makanan lain.
Jadi Anda cukup mencampurkannya dengan makanan yang si kecil sukai, dengan begitu dia tidak akan tahu kalau makanan tersebut sudah tercampur.
dari Berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar